Kamis, 13 November 2014

Konsep Pembangunan E-Bisnis Pada Perusahaan Slondok "Langgeng"

Perusahan slondok cap Langgeng adalah sebuah perusahaan yang memproduksi cemilan khas dari desa Grabag Kabupaten Magelang yaitu krupuk slondok. Perusahaan ini mulai dirintis oleh Bapak Doni dan Ibu Yayuk istrinya sejak tahun 1998. Merintis dari slondok yang belum banyak dikenal masyarakat sampai sekarang menjadi cemilan khas desa Grabag. Perusahaan ini terletak di desa Ponggol 2 Grabag Magelang. Bahan baku utama krupuk slondok adalah singkong dan di bumbui dengan rasa manis, pedas dan asin.

Awalnya usaha ini tidak memiliki modal yang cukup dan hanya mampu memproduksi 1 kwintal slondok. Dari 1 kwintal slondok itu Bapak Doni dan istrinya menjual dan mempromosikannya ke warung-warung, pasar tradisional dan rekan-rekan. Jatuh bangun merintis usaha pun dialami oleh Bapak Doni dan istrinya. Sempat beberapa kali berganti merk dan kemudian mematenkan cap “Langgeng” sebagai merk slondoknya. Saat ini pemasaran slondok cap “Langgeng” sudah sampai ke luar kota diantaranya Sidoarjo, Malang, Banjarmasin, Palu dan Riau. Produksi per harinya pun sudah mencapai 2 ton dengan 10 orang karyawan.

Sayangnya, pesatnya perkembangan usaha ini tidak dibarengi dengan pemanfaatan teknologi informasi. Keterbatasan pendidikan dan pengetahuan menjadi alasan kenapa owner tidak memanfaatkan teknologi informasi dalam mengembangkan usahanya. Selama ini usaha ini hanya melakukan promosi dari mulut ke mulut, melalui rekan dan relasi, komunikasi dengan rekan bisnis juga hanya dikukan melalui telephone atau pesan singkat saja. Maka dari itulah saya mencoba untuk memberikan masukan berupa sebuah konsep pembangunan electronic business pada perusahaan ini.

APA SAJA INFRASTRUKTUR YANG DIBUTUHKAN?

1. Software

Web Server : Sebuah komputer yang dikhususkan untuk menjalankan aplikasi server walaupun ada juga yang menggunakan komputer desktop biasa, namun kapasitasnya tidak sebesar komputer yang memang dikhususkan untuk server.

Jaringan Internet : Bandwith internet yang dimiliki harusnya besar. Dan yang lebih diperhatikan adalah uploadnya bukan downloadnya, biasanya rasio upload dan download 1:1 semakin besar bandwith akan semakin banyak web yang bisa ditanamkan pada sebuah server.

Aplikasi : Untuk membuat website di dalam server harus terinstal sebuah operating system (OS). Biasanya menggunakan OS khusus server dan berbasis open sources seperti linux. Bisa juga dengan memanfaatkan smartphone atau gedget dengan menggunakan operating system android, iOS dan Blackberry.

2. Hardware
Komputer
Modem
Printer plus scanner
Camera digital untuk memotret produk kemudian diupload ke internet
Gedget (PC Tablet)
ANALISIS BIAYA

1. Biaya Pengadaan Infrastruktur
  • Komputer                  : Rp 4.950.000,00
  • Modem                      : Rp 325.000,00
  • Printer plus scanner : Rp 968.000,00
  • Camera digital          : Rp 1.050.000,00
  • PC Tablet                   : Rp 3.700.000
2. Biaya Pembuatan Website
  • Pembelian Domain
    Domain adalah alamat dari situs web, misalnya www.slondoklanggeng.com harga pertahunnya adalah Rp 100.000,00 dan akan diperpanjang otomatis tiap tahunnya.
  • Server Hosting
    Untuk paket shared sebagai paket awal website biasanya harga per tahunnya bisa mencapai Rp 100-200 ribu. Dan apabila website yang dimiliki memiliki traffic yang tinggi, paket hosting bisa bertambah biayanya.
  • CMS Website 
Dalam pembuatan website ada berbagai CMS yang tersedia, ada Wordpress, Blogspot, Joomla. Biayanya tergantung bisa sangat murah dengan memanfaatkan fitur gratisan, atau menggunakan fitur ungulan dan CMS yang profesional.

RANCANGAN PEMUATAN WEB

Untuk membangun sebuah website, diperlukan langkah-langkah yang harus dipersiapkan yang secara umum dibagi dalam lima langkah, yaitu :

1. Merumuskan tujuan pembuatan website :

Website marketing, berfungsi sebagai media presentasi dan pemasaran.
Website customer service, berfungsi sebagai media untuk melayani konsumen.
Website e-Commerce, berfungsi sebagai media transaksi on-line.
Website informasi/berita, berfungsi sebagai media informasi berita.

2. Menentukan isi website
Faktor yang paling penting dalam suatu website adalah isi dari website itu sendiri.  Hal tersebut berkaitan dengan manfaat yang akan diperoleh  pengunjung dari sebuah website.
3. Menentujkan target pengunjung

Meskipun suatu website mempunyai sifat terbuka dalam arti sebuah website bebas dikunjungi oleh semua orang, namun alangkah baiknya apabila dalam pembuatan website perlu dilakukan gambaran target yang akan dituju oleh sebuah website. Alasan ini lebih didasarkan pada penggunaan hardware dan aplikasi browser yang berbeda dengan setiap pengunjung.

4. Menentukan struktur website

Struktur website diperlukan untuk memberikan kemudahan dalam mengelola suatu website.  Tentunya struktur tersebut harus disesuaikan dengan isi dari website.  Dengan memiliki struktur yang terorganisasi dengan baik, suatu website akan memberikan kemudahan dalam navigasi, editing dan pemeliharaan website tersebut.

5. Desain website

Faktor keindahan desain tampilan dari suatu website merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam menetukan keberhasilan suatu website, selain faktor kecepatan loading.  Suatu situs yang baik memiliki suatu kesatuan desain bisa dikatakan memiliki kesamaan tema dalam halaman-halaman webnya.  Hal ini penting dalam segi estetika maupun segi navigasi.  Kesamaan desain yang biasanya dipertahankan antara lain kesamaan jenis font yang digunakan, warna, tombol navigasi (menu), letak menu dan sebagainya.  Karena itu sangatlah penting bagi seorang web designer untuk mengetahui aturan-aturan  yang berlaku dalam mendesain suatu website.  Hal ini diperlukan agar desain dari website yang akan  dibangun tidak terkesan sekedarnya.
Dengan memanfaatkan teknologi internet dan sistem e-commerce pemasaran produk slondok ini bisa diperluas ke berbagai daerah tanpa harus pergi ke berbagai tempat untuk melakukan promosi. Promosi dan order bisa dilakukan melalui web, blog, facebook, twitter, instagram, path, blackberry messenger (bbm), whatsApp, Line, wechat dan social media lainnya. Dengan menggunakan metode ini calon pembeli yang berlokasi jauh bisa melihat dan memesan produk slondok ini.

Untuk pembayaran pesanan perusahaan slondok Langgeng dilakukan melalui perbankan, perusahaan ini juga telah memanfaatkan media m-banking untuk mengecek transaksi pengiriman dan transfer untuk pembayaran bahan baku.

Dengan pemanfaatan e-commerce pemasaran slondok akan semakin meluas, omset bertambah, kesejahteraan para pekerja meningkat dan usaha slondok ini akan semakin berkembang. Bahkan bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti produk yang mulanya hanya cemilan khas desa Grabag bisa sampai ke mancanegara, asalkan inovasi terus dilakukan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar