Bisnis e-commerce mulai tumbuh dengan cepat sejak tahun 1998. Pada awal pertumbuhannya tipe bisnis ini hanya melingkupi bidang business-to-consumer (B2C) e-commerce. Namun pada pertumbuhannya perkembangan bisnis ini mulai melingkupi bidang business-to-business (B2B), business-to-employee (B2E), dan gabungan dari B2b & B2C. Berikut penjelasan tentang B2B (Business to Bussines)
B2B adalah aktivitas transaksi bisnis secara elektronik antara pelaku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya. B2B berkaitan dengan permintaan dan pengiriman proposal bisnis. B2B menggunakan sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar perusahaan dengan menggunakan aplikasi komputer dengan format standar yang telah disepakati yang disebut EDI (Electronic Data Interchange).
Contoh websitenya :
- http://tradekey.com/ : TradeKey.com
didirikan pada tahun 2005 dengan tujuan untuk memfasilitasi perdagangan
global dan membawa pembeli dan penjual dari seluruh dunia untuk satu
platform bersama.
TradeKey.com bangga mengumumkan bahwa telah sangat perwakilan TradeKey.com dukungan pelanggan profesional dan berdedikasi yang tersedia untuk menyelesaikan masalah dan kekhawatiran dari semua anggota TradeKey.com. Kembangkan bisnis Anda dengan pesat dengan bantuan ahli TradeKey.com. - http://globalmarket.com/ : GlobalMarket Group adalah sebuah perusahaan perdagangan internasional pemasaran. Sekarang dengan lebih dari 30 kantor lapangan serta staf dari 1.000, perusahaan berkomitmen untuk mendirikan GMC (Global Produsen Sertifikat) Masyarakat, di mana manufaktur Cina yang berkualitas didirikan dan dapat berdiri di antara sisanya. Dengan mengikuti pameran global, penawaran marketing dan memberikan solusi sourcing, jembatan pasar global kesenjangan antara pembeli global dan produsen GMC.
- http://www.folderbiz.com/ : FolderBiz.com merupakan sebuah portal bisnis di Indonesia yang menyediakan fasilitas online bagi perusahaan-perusahaan atau unit bisnis yang ingin mempromosikan produk-produknya secara online. FolderBiz.com juga menyediakan fasilitas online bagi perusahaan yang ingin mencari atau sekaligus memposting informasi bisnis mereka, sehingga mereka dapat membentuk jaringan pemasaran yang lebih luas maupun memperbanyak relasi (partnership) yang akan meningkatkan oportunitas bisnisnya. Tujuan: membantu perusahaan-perusahaan yang ingin memasarkan produk-produknya secara online.
Dalam prakteknya bisnis B2B lebih rumit daripada bisnis B2C dikarenakan persaingan harga disini lebih rentan untuk bersaing. Dalam bisnis B2B nilai yang terpenting adalah jaminan kualitas barang/jasa yang ditawarkan, sehingga dengan kualitas loyalitas pelanggan akan meningkat dan tercipta hubungan kerjasama yang kontinu.
Sumber :
http://perkuliahanone.blogspot.com/2010/12/contoh-contoh-link-b2b-b2g-c2c.html
http://sharahritonga.blogspot.com/2012/10/b2b-e-commerce.html
http://thikajuniarti.blogspot.com/2010/11/contoh-contoh-website-b2b-b2c-b2g-c2c.html
Sumber :
http://perkuliahanone.blogspot.com/2010/12/contoh-contoh-link-b2b-b2g-c2c.html
http://sharahritonga.blogspot.com/2012/10/b2b-e-commerce.html
http://thikajuniarti.blogspot.com/2010/11/contoh-contoh-website-b2b-b2c-b2g-c2c.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar